some pieces of life ~

driving class - II

okay :3 saatnya melanjutkan driving class gw hehehe
dont forget to fasten your seatbelts ~



yup sekarang giliran gw untuk cerita perjalanan gw mengenal mobil ~

pengalaman yang paling lama yang bisa gw temukan dalam arsip memori gw tentang mobil adalah mainin odometer mobil >w< apakah ini disebut nakal atau terlalu iseng... 
*buat yang gatau odomoeter itu apa tanya om google aja atau tante wiki*
yup, waktu itu gw masih tk, gw yakin karena saat itu gw belum punya adek
adek gw lahir sewaktu gw masuk ke sd hehehe
gw sebagai anak kecil yang emang terbilang sering dimarahi karena ga bisa diem, tangannya suka ngutak-ngatik barang..

saat itu gw inget, pulang ke rumah berdua naik mobil, bokap gw beranjak buka pager, dia turun dari mobil.
tersisalah gw di kursi disamping setir, dengan rasa ingin tahu, menarik batang yang mencuat dari display speedometer, setelah ditarik, secara bertahap angka penunjuk odometer menurun, karena kaget gw langsung menekan batang itu lagi dan ternyata berhasil menghentikannya
hal ini yang menimbulkan pertanyaan orang tua gw " kok kilometernya ngurang ya?"
gw yang walaupun belum begitu ngerti, yakin kalo 'sesuatu yang salah' berhasil ditemukan orang tua gw


jujur aja gw baru ngerti fungsi dari odometer itu sendiri saat akhir pendidikan dasar gw dan nyadar

 " oh, jadi itu untuk ngukur seberapa jauh mesin udah kepake, buat acuan kalo mau ganti oli ataupun maintenance rutin "

jujur aja klo waktu masih SD gw 'memainkan' stik odometer juga, tapi yang jadi korban adalah mobil lain U_U

okay balik ke judul ~

gw emang terbiasa dengan ngurusin mobil karena dulu entah kenapa atau karena dibiasain gw menjadi orang yang galak banget kalo mobil dipake sebelum mesinnya dipanasin ~
hampir setiap pagi, gw rela bangun agak pagian dikit, nyomot roti di meja makan, buka garasi, manasin mobil dan sarapan di balik setir 
kadang juga dengan iseng niruin gaya orang nyetir hehehehe
karena kebiasaan inilah gw mobil selalu siap sebelum berangkat ~

pertama-tama diajarin untuk manasin mobil, tarik chooke, starter mobil dan tutup chooke secara bertahap
akhirnya berlanjut ke tingkat berikutnya
gw dengan sadar pengen ngeluarin mobil

yang terjadi pada saat itu adalah gw ga buka pintu garasi 
dengan sangat yakin nyalain mobil
sambil ngomong dalem hati
"oke, step 1 nyalain, panasin mesinnya"
sambil gw menghabiskan roti coklat dan susu yang gw bawa ke cockpit gw menunggu
mari lanjut 
seketika gw mikir "gw pengen majuin mobilnya deh"
seperti layaknya orang mau mulai maju masukin gigi
segera gw injek kopling
masukin gigi 1 
"oke kita coba" kata pikiran gw

*lepas kopling mendadak*
*jengjejeeeeng*
*brakk*

itu adalah memori yang terekam kuat buat gw 
masih mikir aja kenapa majuin mobil dalam keadaan pager garasi tertutup =.=
hasil dari perbuatan gw pagi itu adalah :

patahnya gembok yang mengunci pager garasi
lecet dan sedikit baret pada bumper depan mobil itu .__.

praktis gw langsung kaget, dan ternyata setelah gw lebih ngerti cara nyetir mobil gw menemukan 1 kesalahan yang menentukan yaitu :

gw ga ngelepas handbrake

karena ga ngelepas handbrake itu mobilnya ketahan dan cuma bergerak sepert 'lompat' aja
iya, 'lompat' dan menghatam pager, matahin gembok.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
itu adalah pengalaman yang membentuk gw jadi pengemudi yang seperti sekarang ini
selain nyetir sejatinya sih bisa ngatasin masalah-masalah yang umum terjadi pada mobil
misalnya ngisi air aki ataupun ganti ban karena bocor~
sebelum bisa nyetir gw juga diajarin dari kecil untuk selalu bisa ganti ban
ini kemampuan penting yang mesti dimiliki menurut gw hehehe
biasanya gw emang jadi 'bodygurad' nyokap kalo pergi kemana-mana
jadi sewaktu ada kasus ban bocor di jalan, pastilah gw akan ikut bantuin jungkirbalik ganti ban dan main-main sama dongkrak mobil
------------------------------------------------------------------------------------------------------------


dan setelah sekian lama, gw mulai serius pengen bisa nyetir SMP kelas 2
waktu itu di rumah ada mobil sekelas SUV gitu warna cream
cukup dengan bisa majuin mobil itu 5 meter dari tempat sebelumnya cukup menjadi hiburan gw klo weekend pagi
semua kegiatana trial and fail gw lakukan terus bahkan sampe sekarang
biasanya abis manasin mesin gw keliling kompleks dan nyoba 'dragging'
di deket rumah ada jalan yang baru diaspal
panjangnya sekitar 200m lumayan sepi juga, apalagi pagi-pagi
cukup buat latian shifting 1-4, mencari-cari 'grip' yang tepat dan dirasa buat pindah naikin gigi

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

masuk di kampus yang baru gw juga cukup seneng dapet temen 1 jurusan yang ngerti mobil juga, dan emang agak jarang nemuin spesies yang  sama ...
ternyata dia udah cukup berpengalaman soal nyetir menyetir karena udah bawa mobil sejak SMA 
dan yang gw suka adalah sama-sama suka speeding
soal speeding dan drifting gw yakin ilmunya lebih banyak dari gw, dan lagipula ga ada salahnya kan belajar dari orang hehe
dia jam terbangnya emang lebih banyak dan udah pernah ikut slalom competition
dimulai kenalan waktu masuk kuliah dan masih terus temenan sampe sekarang ~

moral of the story is, never too affraid to try, safety first, kalo mau nyetir mobil minimal ngerti caranya maintenancenya aja dulu, temuin cara yang paling enak supaya lo bisa fasih nyetir~

:3 i think its enough for now, i will try to recall some more of my driving class memories~

-garuru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar